Friday, July 14, 2017

Perjalanan Menuju SBM'17 #10

Minggu berikutnya muncul pengumuman kalo team galaxy dapet juara satu, FYI team ini yang buat idenya Pak Sabar yang udah gw ceritain sebelumnya, dia ambis banget kalo masalah kerjaan apalagi event kaya gini, loyal. Hadiahnya kalo ga salah 1,5 juta.

Dan buat partisipannya dapet uang pertemuan (konsumsi tiap pertemuan). Nah disini masalahnya. Awalnya bakal di janjiin tiap pertemuan 25rb, ada 24 kali pertemuan dan itu sudah di setujui. Tapi pas pengumuman tiba - tiba secara sepihak uang pertemuan dipotong jadi 15rb !? Apa - apaan coba? Main potong - potong seenak jidat dikira rumput pekarangannya sendiri kali. Udah tuh pada ngedumel di gudang, but has no effect after all.

Jadi harusnya tiap partisipan kelompok dapet 480rb tapi gara - gara ke"ngehek"an ini jadi cuma dapet 360rb. Karena kepala gudang ga mau semangat anak - anak luntur jadi diambilah uang ( kayanya dari hadiah team galaxy) buat nambahin biar jadi dapet sesuai keputusan awal dengan mengorbankan jatah gw.

Kalo diperjanjian awal gw bakal dapet 200rb dikali tiga kelompok yang gw kerjain presentasinya yang artinya gw bisa dapet 600rb, tapi akhirnya gw cuma dapet 450rb. Gw sih yaudah sans, cuma yang gw ga abis pikir keputusan pihak orang yang satu ini.

Kabarnya yang motong uang pertemuan ini inisialnya Pak Ant, dia ini kepala HRD yang baru dan emang kebijakannya akhir - akhir ini banyak dikeluhkan sama banyak karyawannya. Diantaranya yang gw masih inget..

Di JHC ada kebijakan ga boleh oake lift di hari Sabtu ? Katanya untuk menghemat energi, dan ga terlalu ngaruh katanya. Kalo di JHC kebijakan lainnya gw kurang tau, tapi kalo di gudang berasa banget

Di gudang sendiri ada peraturan baru, jam  masuk kerja yang dimajuin mulai pukul setengah delapan dan pulang kerja pukul setengah empat, hari Sabtu jam pulang kita diundur satu jam dan jam lembur dibatasi hanya 20 jam. Banyak protes disini, kenapa?

Pertama, jam segitu masih terlalu pagi biasanya jam segitu kita ngobrol - ngobrol dulu sebelum masuk gudang, well ini ga terlalu masalah sih sebenernya cuma lebih ga nyantai aja soalnya udah kebiasaan ngopce (baca : ngopi).

Kedua, dengan alasan pulang lebih awal maka jam istirahat yang tadinya satu jam jadi 45 menit. " Pulang lebih awal tapi masuk lebih awal sama aja, logikanya dimana coba " . Dia mau nambah jam kerja kita tapi dikemas dengan parcel " Pulang lebih awal ".

Ketiga, dari jaman dulu sampai sekarang yang namanya gudang itu ga bakal pulang on time. So if you make a policy that make us go home earlier with advanced the time we go home, in fact it is bullshit. Nyatanya bakal banyak pesanan toko yang dasarnya pihak sana nge-push kita buat ngelarin hari itu juga, belum lagi ada wing box yang datang bawa barang untuk di bongkar muat, emang kita biarin? Ga enak terlebih lagi kasihan sopir yang biasanya dateng mepet. Akhirnya pihak sana juga yang komplain ke gudang kalo kita pulang sesuai sama peraturan baru ! Gw yakin mereka cuma nyari celah aja biar lagi - lagi memperpanjang jam kerja gudang, ironi.

Keempat, di hari Sabtu biasanya kalo udah ngeliat jarum pendek mendekati angka dua belas terus di ikuti sama jarum panjang bersiap menyalip di angka sebelas rasanya udah mau sampe rumah aja. Sekarang kita pulang diundur jadi jam satu ! Emang sih sejam, lagi - lagi dan lagi kebijakan yang bikin kita kerja lebih lamaaaa, fak!

Bener - bener ga habis pikir. Dan juga ga ada istirahat barang lima belas menit untuk sekedar salat dan makan makanan ringan. Jam 11 aja cacing di perut udah tawuran minta dikasih jatah, lah ini malah di undur baru bisa keluar dari gudang jam 1 !  Itu badan udah lemes - lemesnya mau balik ke rumah.

Kelima, masalah jam lembur. Lagi  - lagi - lagi dan lagi merek ingin kita kerja rodi. Dengan membatasi jam boleh lembur dengan pekerjaan yang bertambah makin kesini dan harus diselesaikan ! Ga mungkin kan kita tinggal gitu aja dengan alasan :

" Wah udah maksimal di jam kerja biasa ga selesai, dikerjain di jam lembur juga masih beum selesai, yauds tinggal aja " Yang ada gini bulan besoknya di pecat.

Nb : Di part selanjutnya gw bakal resign, why?

No comments:

Post a Comment